Your Majestic Life Starts Here

Book Now!

Longsor di Sisi Jalan Dago Bengkok Tergolong Dangkal dan Berhasil Ditangani

Seperti yang diketahui bahwa pada hari Minggu 13 November 2016, hujan turun sangat deras di Bandung mulai pukul 12.00 hingga pukul 20.00 yang menyebabkan terjadinya longsoran dangkal di lereng sisi utara proyek apartemen The MAJ Collections di Jalan Dago Bengkok, Bandung.

PT Dago Trisinergi Properti selaku pengembang The MAJ Collections sangat menjunjung tinggi keselamatan dan keamanan para tenant serta warga sekitar. Oleh karena itu, dalam pembangunan dan pemeliharaannya, kami telah bekerja sama dengan pihak-pihak yang berkompetensi di bidangnya, termasuk dalam desain penguatan area lereng Dago yang terkena longsor dini hari tanggal 14 November.

Melalui Surat Pemberitahuan ini, ada beberapa hal yang perlu kami sampaikan terkait peristiwa tersebut:

  • Mengutip hasil pengamatan dan kajian dari Profesor Ilmu Geoteknik Universitas Katolik Parahyangan Prof. Paulus P Rahardjo. Ph.D., longsoran diakibatkan pelunakan lapisan tanah setebal 30–50 cm yang terinfiltrasi air hujan yang tidak teralirkan. Lapisan yang dimaksud adalah tanah isian untuk penanaman rumput dan memerlukan waktu 3–6 bulan untuk kepadatan yang memadai

  • Longsoran yang terjadi merupakan longsoran dangkal (shallow sliding) yang disebabkan oleh hujan lebat dalam jangka waktu yang lama

  • Berdasarkan rekomendasi konsultan geoteknis, pihak pengembang telah berhasil melakukan langkah-langkah penanggulangan dan pengamanan, di antaranya membersihkan debris longsoran, menutup area longsor dan mengarahkan air hujan menjauh dari lokasi longsoran

  • Hasil pengamatan tersebut ditinjau dari peristiwa longsor itu sendiri serta hasil pembacaan dari tiga buah instrumen geoteknik inclinometer/peralatan pemantau pergeseran tanah untuk memonitor kestabilan lereng proyek yang dipasang di area lereng Dago.

    Guna mencegah hal-hal yang mungkin terjadi, kami bersama dengan WIKA Gedung terus melakukan pemantauan inclinometer secara berkala untuk mengetahui pergerakan yang terjadi selama proses konstruksi guna memastikan keamanan lereng terhadap area sekitar proyek.

    Ada pun hasil monitoring terakhir tidak menunjukkan adanya pergerakan yang signifikan dibanding dengan pergerakan pada monitoring sebelumnya. Atas kondisi di atas, kami simpulkan bahwa peristiwa longsor yang terjadi pada 14 November 2016 lalu tidak memberikan dampak apa pun terhadap struktur bangunan The MAJ Collections.

    Demikian Surat Pemberitahuan ini kami buat. Atas perhatian rekan media, kami haturkan banyak terima kasih.

    Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
    PT Dago Trisinergi Properti
    Telp: 022 2518304

    Laporan lengkap hasil monitoring inklinometer di area proyek The MAJ Collections: Download PDF

    For more detail info
    Download
    e–brochure
    Exclusively Developed By The Maj
    The Maj
    Developer
    PT Dago Trisinergi Properti
    IMB No. 503.648.1/1030/BPPT
    Official Partners

    RayWhite.Project RayWhite.Project RayWhite.Project
    Telp.
    (022) 251 8198